Early Childhood

+

"It is important to make sure out expectations are in line with what our child can do and develop in his/her particular period of life."

The role of kindergarten education is to prepare children for the journey of life-long learning. For such a sure start to be realized, a major aim of kindergarten education is to support and foster the holistic development of the child.

This involves the nurturing and acceptance of young children’s spontaneous, natural and varied responses to the wealth and richness of experiences and opportunities the child is likely to encounter on the learning journey.

We believe that early years education is not just a preparation for the next stage. It is vitally important in itself. It should not be confused with trying to accelerate learning in the kindergarten years by providing children with a simplified primary school curriculum.

In the end, SES strives for each and every child to see learning as pleasurable and challenging experience that serves a head start on the journey of life-long learning, so that they will look forward to the varied opportunities to explore and discover the many facets of our world.

“Sangatlah penting untuk memastikan bahwa harapan dan target kita sesuai dengan apa yang anak kita dapat lakukan dan kembangkan pada periode hidupnya saat ini”

Tujuan dari pendidikan Taman Kanak-Kanak adalah mempersiapkan anak-anak untuk perjalanan belajar seumur hidup.  Untuk memastikan hal ini di awal, tujuan utama pendidikan Taman Kanak-Kanak adalah mendukung dan memacu perkembangan anak secara keseluruhan.

Ini melibatkan proses menjaga dan menerima spontanitas dan berbagai macam respon alami anak-anak kita ke dalam pengalaman dan kesempatan berharga yang akan dialami si anak dalam perjalanannya nanti.

Kami percaya bahwa tahun-tahun awal pendidikan tidak hanya persiapan untuk tahap selanjutnya.  Tahun- tahun ini juga sangat penting dengan sendirinya.  Tahun-tahun ini tidak boleh dianggap sebagai tahun-tahun dimana anak diberikan kurikulum Sekolah Dasar yang disederhanakan dan dipercepat proses belajarnya.

Pada akhirnya, Sekolah SES Pekanbaru berusaha agar setiap anak dapat melihat proses belajar sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menantang, yang akan menjadi awal sebuah perjalanan belajar seumur hidupnya, sehingga mereka akan dengan senang hati menyambut kesempatan-kesempatan dan menemukan berbagai hal menarik di dunia.

Programs

  • Play Group (Age 3 – 4 years old)
  • Kindergarten 1 (Age 4 – 5 years old)
  • Kindergarten 2 (Age 5 – 6 years old)

 

SES School facility is designed and built to be a second home for our community of learners, providing students with the comfort and safety they need to learn and grow to their full potentials.  We believe that children’s comfort is a crucial part of the whole learning process, enabling us to nurture their love for learning since the earliest years. 

Facilities for our Play Group and Kindergarten students include air-conditioned classrooms, library, in-door and out-door playgrounds, and dining room.

Gedung Sekolah SES Pekanbaru didesain dan dibangun untuk menjadi rumah kedua bagi komunitas pelajar kami, menyediakan rasa nyaman dan aman yang diperlukan oleh siswa-siswa kami untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensi penuh mereka.  Kami percaya bahwa kenyamanan anak adalah sebuah bagian penting dari proses belajar secara keseluruhan, memungkinkan kita untuk mengembangkan rasa cinta mereka terhadap belajar sejak tahun-tahun awal.

Fasilitas untuk siswa Play Group dan TK kami meliputi ruangan kelas dengan AC, perpustakaan, lapangan dan ruangan bermain, serta ruang makan.

 

 

SES Play Group and Kindergarten Curriculum are based on the latest Indonesian National Curriculum from Indonesia Ministry of Education, combined with our International Curriculum, which is adopted from the Singapore Curriculum. 

The process of learning and class activities are a combination of the Classical and Area Methods, allowing our students to develop their social skills and adapt their learning habits to those of formal higher educations through Classical method,  while enabling them to still be creative through Area method.

There are five (5) main areas of development that we aim our children to develop skills in, during their Early Education years:

  1. Cognitive Development – Mental abilities, such as learning, memory, reasoning, thinking, language, and problem solving.
  2. Social and Emotional Development – Ability to interact with others, including helping themselves and self-control
  3. Speech and Language Development – Ability to both understand and use language.
  4. Fine Motor Skill Development – Ability to use small muscles and coordination, specifically with their hands and fingers
  5. Gross Motor Skill Development – Ability to use large muscles and coordination

Kurikulum Play Group dan TK SES Pekanbaru berdasarkan kurikulum nasional Indonesia dari Departemen Pendidikan, yang dikombinasikan dengan kurikulum internasional yang kami kembangkan sendiri, mengacu pada kurikulum Singapura dari Departemen Pendidikan Singapura.

Proses belajar dan aktivitas kelas adalah kombinasi antara metode klasikal dan area, membuat anak-anak dapat beradaptasi dengan kondisi pendidikan SD melalui metode klasikal dan memberikan mereka ruang untuk menjadi kreatif melalui metode area.

Ada lima (5) area perkembangan utama yang kami tetapkan untuk dicapai oleh anak-anak kami, selama masa pendidikan awal ini:

  1. Perkembangan Kognitif – kemampuan mental, seperti belajar, memori, memberi alasan, berpikir, berbahasa dan menyelesaikan masalah.
  2. Perkembangan Sosial dan Emosi – kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk membantu diri mereka sendiri dan mengendalikan diri.
  3. Perkembangan Berbicara dan Berbahasa – kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa. 
  4. Perkembangan Kemampuan Motorik Halus – kemampuan untuk menggunakan otot kecil dan koordinasi terutama dengan tangan dan jari-jari.
  5. Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar – kemampuan untuk menggunakan otot dan koordinasi

Curriculum Structure

No

Area of Development

Skills Developed

Materials Used

1

Speech & Languageas

Vocabulary & Diction, Grammar & Sentence Structure, Pragmatics & Social Speech

English

Mandarin

Berbahasa

Story Telling

2

Cognitive

Numbers, Classifications, Use of symbols, Logics, Concepts, The Use of Manipulative, Relationships between sets and groups of things to be sorted, counted, shared, and represented, Use of appropriate language such as position words, number words, names of shapes, and so on.

Maths

Science

Berhitung

3

Fine Motor

Art & Crafts, Drawing & Coloring, Cooking, Experiments, Practical Life, Culture

Art

Gardening

Cooking

4

Gross Motor

Motor activities, Visual-motor coordination, Balance

Gym Time

Songs & Movements

5

Social & Emotional

Know what is right and what is wrong, be willing to share and take turns with others, able to relate to others, be curious and able to explore, be able to listen and speak with understanding, be comfortable and happy with themselves, have developed healthy habits, love their families, friends, teachers and school

Pembiasaan

Religion


There are 4 types of evaluation methods:

  1. Daily Observations – Teachers observe and record children’s progress on daily basis in each area of development.
  2. Portfolio Assessment – Children’s progress and development are kept in a portfolio containing, for example, their drawings, paintings, sketches, writings, or mark making and printouts of computer-generated projects.  Profiling and record keeping in this manner also provide evidence to inform parents of their children’s progress.
  3. Mid-Semester & End-Semester Development Checklist (per area) – Student’s progress is monitored by using a checklist of skills/activities that has  been targeted in each area of development

Ada 4 macam metode evaluasi yang digunakan di Sekolah SES Pekanbaru:

  1. Observasi Harian – Guru mengamati dan mencatat perkembangan anak setiap harinya di setiap area perkembangan.
  2. Penilaian Portfolio – Perkembangan anak disimpan di dalam folder portfolio yang berisi hasil karya menggambar, melukis, tulisan dan pekerjaan serta tugas lainnya, sebagai record dan ditunjukkan kepada orangtua nantinya.
  3. Mid-Semester & End-Semester Development Checklist (per area) –Perkembangan anak dimonitor menggunakan daftar keahlian atau kemampuan yang telah ditargetkan pada setiap area perkembangan.

 

We believe that each and every child is unique and comes with different interests and talents, which we need to explore to reach their full potentials.

We aim to recognize and make the most of each child’s talent and interest while enabling them to have a perfectly balanced growth by providing them with variation of extra-curricular activities that cater almost all areas.

Kami percaya bahwa setiap anak adalah unik dan lahir dengan minat dan bakat yang berbeda-beda, yang harus kita ketahui untuk perkembangan potensi penuh mereka.

Sekolah SES Pekanbaru bertujuan untuk mengenali dan mengasah bakat dan minat setiap anak, sambil memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara seimbang dengan menyediakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi berbagai area.

  • Songs & Movements
  • Art/Handicrafts
  • Storytelling
  • Gym Time 

Extended Classes

We provide our older kindergarten students with extended classes after normal school hours, to further extend their academic development, as preparation for Primary education.  These classes are aimed at our Kinder 1 & 2 students in the area of Languages and Maths.

Sekolah SES Pekanbaru menyediakan kelas tambahan bagi anak-anak TK yang diberikan setelah jam sekolah normal mereka, untuk memastikan persiapan dan perkembangan akademis mereka sebelum memasuki pendidikan SD.  Kelas-kelas ini dikhususkan untuk anak-anak K1 dan K2 di area Berbahasa dan Berhitung.

     

    SES School Pekanbaru academic staff consists of young, energetic, warm and qualified teachers who function as mother, friend and educator in our young children’s daily learning activities.

    Each teacher is responsible for maximum of 9 children – or two teachers for a class of maximum 18 students; allowing maximum care and guidance for each and every child.

    Staf Akademis Sekolah SES Pekanbaru terdiri dari guru-guru yang muda, enerjik, hangat dan memenuhi kualifikasi, yang berfungsi sebagai ibu kedua, teman dan pendidik bagi anak-anak dalam kegiatan belajarnya sehari-sehari.

    Setiap guru bertanggung jawab atas maksimal 9 anak – atau dua orang guru untuk kelas dengan maksimal 18 anak; memungkinkan perhatian dan bimbingan maksimal bagi setiap anak.

     
  • Melva Diana, S.Pd, AUD

    SES Playgroup & Kindergarten Principal

    Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini

    LPGPS Permata Bunda PEkanbaru
  • Siska Puspita Sari, S.Pd

    SES Playgroup & Kindergarten Vice Principal

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggirs

    Universitas Riau
  • Lindewaty, A.Md

    Teacher

    Diploma Bahasa Inggris

    ABA Persada Bunda
  • Neneng Suriani, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa & Sastra Inggris

    STIKP PGRI Sumbar
  • Novi Khairani, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggirs

    Universitas Riau
  • Dwi Lindayani, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggirs

    Universitas Islam Riau
  • Christina Elsa Bertauli, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Sri Pujiantik,S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Riau
  • Arisya Navra Lubis

    Teacher

    Sarjana Pendidikan PG/TK

    Universitas Islam Riau
  • Indri Octa Arianti, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Riau

Primary School

+

"The essence of teaching is to make learning contagious, to have one idea spark another." Marva Collins

The first 6 years of a child’s formal education lays the foundation for their academic knowledge and skills and also shapes their attitude and feelings towards learning in general.

Though achieving a high academic standard and meeting up high expectations of society and the world are important, we need to ensure that the process of learning remains as joyful and enriching as possible for our young people. At SES, we truly believe that the journey is just as important as the destinations, that our high target of achievements for our children does not mean ruining their love and passion towards learning itself.

Therefore, we strive to create a warmth and enjoyable learning experience for our young people to happily learn and grow to their full potentials, with reasonable guidance and supports, that will allow them to achieve a high academic standard while maintaining a high love and passion for their school and learning.

“Inti dari mengajar adalah bagaimana membuat belajar menjadi sesuatu yang menular, membuat satu ide memancing ide lainnya.” Marva Collins

Enam (6) tahun pertama pendidikan formal seorang anak meletakkan fondasi bagi pengetahuan dan kemampuan akademis serta membentuk tingkah laku dan perasaan mereka terhadap proses belajar secara umum.

Walaupun mencapai standard akademis yang tinggi dan harapan masyarakat dan dunia adalah hal yang sangat penting, kami merasa perlu untuk memastikan bahwa proses belajar tetap merupakan pengalaman yang menyenangkan dan memperkaya pikiran dan hati anak-anak kami. Di Sekolah SES Pekanbaru, kami benar-benar percaya bahwa perjalanan sama pentingnya dengan tujuan, sehingga target pencapaian kita untuk anak-anak tidak merusak kecintaan mereka terhadap belajar itu sendiri.

Oleh karena itu, kami berusaha untuk menciptakan pengalaman belajar yang hangat dan menyenangkan bagi anak-anak kami untuk dapat belajar dan tumbuh dengan bahagia sesuai dengan potensi penuh mereka, melalui bimbingan dan dukungan yang cukup, yang akan mengantarkan mereka mencapai standar akademis yang tinggi sambil tetap mempertahakan kecintaan mereka terhadap belajar dan sekolah.

 


SES School facility is designed and built to be a second home for our community of learners, providing students with the comfort and safety they need to learn and grow to their full potentials.  We believe that children’s comfort is a crucial part of the whole learning process, enabling us to nurture their love for learning since the earliest years.

Facilities for our Primary students include air-conditioned classrooms, library, science labor, art room, audio-visual room, in-door basketball court, dining area and praying room (musholla).

Gedung Sekolah SES Pekanbaru didesain dan dibangun untuk menjadi rumah kedua bagi komunitas pelajar kami, menyediakan rasa nyaman dan aman yang diperlukan oleh siswa-siswa kami untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensi penuh mereka.  Kami percaya bahwa kenyamanan anak adalah sebuah bagian penting dari proses belajar secara keseluruhan, memungkinkan kami mengembangkan rasa cinta mereka terhadap belajar sejak tahun-tahun awal.

Fasilitas untuk siswa SD kami meliputi ruangan kelas dengan AC, perpustakaan, lapangan basket in-door, area bermain, laboratorium science, laboratorium computer, serta ruang makan. 

 

 

SES Primary School curriculum is a combination of the National Curriculum set by Indonesian Ministry of Education and our own International Curriculum, which is adopted from Singapore curriculum, set by Singapore Ministry of Education.  The international subjects include English, Science, Mathematics and Foreign Language: Mandarin.

The ultimate aim of teaching & learning at SES school is to develop higher level of thinking – remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating & creating.  The role of the teacher is to facilitate the learning process that will allow active learning.  Thus, we always strive to incorporate up-to-date techniques & methods into the learning process in order to achieve this goal.

Kurikulum Sekolah Dasar SES Pekanbaru adalah kombinasi antara kurikulum nasional dari Departemen Pendidikan Indonesia dan kurikulum internasional SES sendiri, yang mengacu kepada kurikulum Singapura, dari Departmen Pendidikan Singapura.  Mata pelajaran internasional mencakup English, Science, Mathematics dan Bahasa Asing: Mandarin.

Tujuan utama dari proses belajar mengajar di Sekolah SES Pekanbaru adalah untuk membentuk kemampuan berpikir yang lebih tinggi – mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan.  Peran guru adalah untuk memfasilitasi proses belajar yang akan menciptakan Active Learning – proses belajar secara aktif.  Jadi, kami selalu berusaha untuk memasukkan tehnik dan metode-metode terbaru dalam proses belajar anak untuk mencapai tujuan ini.

Some techniques & methods that we apply are:

Beberapa tehnik & metode yang kami gunakan adalah:

  1. Mind Mapping – a  mind map is a diagram used to visually outline information. A mind map is often created around a single word or text, placed in the center, to which associated ideas, words and concepts are added. This technique allows students to actively engage in the topic, and at the same time, develop their creative thinking, brainstorming, problem solving & note taking skills.

    Pemetaan Pikiran – sebuah tehnik berbentuk diagram yang digunakan untuk menguraikan informasi secara visual.  Tehnik ini memungkinkan siswa untuk secara aktif terlibat dalam topik pembahasan dan pada saat yang sama, membentuk cara berpikir kreatif, pencarian ide, pemecahan masalah & kemampuan mencatat/merangkum.

     
  2. Project Based Learning – Pembelajaran Berbasis Project
  3. Debates, Presentations, Group Discussions – Debat, Presentasi, Diskusi Kelompok

To achieve our goal to grow effective communicators, we are determined to create an environment where our students are able to comfortably speak more than one languages and be encouraged to use English as the first language of instruction at school.  Bahasa Indonesia is used as the instruction language for our National subjects and programs.

Untuk mencapai tujuan kami untuk mendidik komunikator-komunikator yang efektif, kami meciptakan sebuah lingkungan dimana siswa-siswa dapat dengan nyaman menggunakan lebih dari satu bahasa dan diarahkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar utama di sekolah.  Bahasa Indonesia digunakan sebagai Bahasa pengantar untuk pelajaran-pelajaran nasional.


Evaluation Methods

SES School Pekanbaru believes that in our attempt to create a high quality of learning experience for our students, we need to provide a high quality assessment and evaluation methods.

Sekolah SES Pekanbaru percaya bahwa dalam usaha kami untuk menciptakan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi untuk siswa-siswi kami, kami perlu memberikan metode dan kualitas penilaian dan evaluasi yang berkualitas tinggi pula.

Our evaluation goals are:

Tujuan Evaluasi kami adalah:

  1. To give our young people the opportunity to question, create, explore, think through  and communicate what they have learnt through an actively challenging format of evaluations, aiming at developing their understanding and critical views of the subject matter as well as their communication skills, instead of their ability to only memorize and repeat.

    Memberikan anak-anak kami kesempatan untuk bertanya, mencipatkan, mengeksplorasi, berpikir dan berkomunikasi tentang apa yang mereka telah pelajari melalu format evaluasi yang aktif dan menantang, dengan tujuan untuk membangun pemahaman dan padangan kritis mereka mengenai mata pelajaran serta kemampuan komunikasi mereka, dan bukan hanya kemampuan mereka untuk menghapal dan mengulang.
     
  2. To provide our young people with an enjoyable and enriching evaluation experience, that will also showcase their knowledge, skills and talents.

    Menyediakan anak-anak kami pengalaman evaluasi yang menyenangkan dan memperkaya pengetahuan mereka, serta memperlihatkan kemampuan dan bakat mereka secara keseluruhan.

Assessment Procedures

Assessment for each subject will be conducted on the following format:

Penilaian untuk setiap mata pelajaran akan dilakukan sesuai standar sebagai berikut:

  1. Daily Assessments -Workbooks, Projects, Worksheets (in school and/or at home)
  2. Basic Competency Test (BCT)
  3. Mid-Semester Examination
    • Written Test
    • Oral Presentation Test
  4. End Semester Examination

Final Semester Mark = Daily Assessments (25%) +  Basic Competency Test (25%) + Mid-Exam (25%) + Final Exam (25%)

 

International Subjects Evaluation Overview

English

Students are evaluated on skill/practical basis, which allows us to see their ability in applying their English skills that they have learnt, on the real essence of learning a language, which is using it as a communication mean.  The assessments include the four aspects of language: Writing, Reading, Speaking and Listening.

Siswa dievaluasi berdasarkan kemampuannya berbahasa, yang memungkinkan kita melihat mereka mengaplikasikan pengetahuan mereka, dalam inti dari belajar suatu bahasa, yaitu menggunakannya sebagai alat komunikasi.  Penilaian dan evaluasi meliputi empat (4) aspek berbahasa:  Menulis, Membaca, Berbicara dan Mendengar.

English Evaluation consists of:

  • Written Examination (grammar & vocabulary)
  • Written Examination (creative writing and reading comprehension)
  • Oral/Presentation (speaking & listening)

Evaluasi Bahasa Inggris terdiri dari:

  • Ujian Tertulis (grammar & vocabulary)
  • Ujian Tertulias (creative writing and reading comprehension)
  • Lisan/Presentasi (speaking & listening)

 

Science

Students are evaluated on their comprehension of a specific material/topic, i.e. by building a hypothesis and delivering a presentation on a specific topic.  Students are provided with a set of topics from their book to be chosen as their science project. Once a student has chosen a particular topic, he/she will just focus on it and try to obtain an in-depth understanding of the subject matter. This might include doing experiments or observations.  At the end, students will be taught to think critically and creatively and be able to present their work to others through a presentation.

Siswa dievaluasi berdasarkan pemahaman mereka mengenai suatu topic atau materi, yaitu melalui pembuatan hipotesis dan menyampaikannya dalam bentuk presentasi.  Siswa diberikan pilihan topic dari buku mereka untuk kemudian dipilih sebagai proyek Science mereka.  Setelah siswa memilih topic atau materi yang akan mereka presentasikan, mereka akan melakukan observasi dan eksperimen untuk akhirnya mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai topic tersebut.  Pada akhirnya siswa akan diajarkan untuk berpikir secara kritis dan kreatif dan mampu mempresentasikan hasil karya mereka kepada orang lain melalui presentasi.

 

Mathematics

Students are skilled to solve regular mathematics problems in quizzes and unit tests.  In the Mid-Semester and Final Exams, students are required to do a written examination (essays only – no multiple choice questions) that will show their diagnosis skill and understanding in solving a given mathematics word problem through several steps and levels of difficulty. This exam model will provide students with a solid foundation in Mathematics and develop their abilities in solving critical-thinking skills problems.

Siswa dilatih untuk menyelesaikan persoalan matematika dalam bentuk kuis dan ujian.  Untuk ujian mid dan akhir semester, siswa diminta untuk menyelesaikan ujian essay (tidak ada pilihan ganda), yang akan memperlihatkan kemampuan diagnose dan pemahaman mereka dalam menyelesaikan soal-soal matematika melalui beberapa tahapan dan tingkat kesulitan.  Model ujian ini akan memberikan siswa fondasi matematika yang kuat dan membangun kemampuan mereka dalam menyelesaikan persoalan yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis.

 

It is important for our young people to be able to explore their full potentials in all areas.  Our extra curricular activities are designed to meet this need, so that our students can have the perfectly balanced growth, academically, emotionally, spiritually and physically, according to their own interests.

Sekolah SES Pekanbaru percaya bahwa memberikan kesempatan bagi anak-anak kita untuk dapat mengeksplorasi seluruh potensi yang ada di dalam diri mereka.  Aktifitas ekstra kurikuler di Sekolah SES Pekanbaru didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, supaya siswa-siswi kami dapat tumbuh dan berkembang secara seimbang, baik secara akademis, emosi, spiritual dan fisik, sesuai dengan minat mereka.

 

     

    Our academic staff consists of young, energetic, passionate, fun and highly educated individuals who strive to do only the best practice.  They are here not only as educators, but also as friends, facilitators, second parents and partners for our beloved students and parents.

    SES School Pekanbaru attempts to create a close, warm, caring, yet professional relationship between teachers and students, to ensure an enjoyable and high quality learning experience for each and every student.

    A teacher is responsible for a maximum of 20 students in a class; allowing maximum care and guidance for each and every student.

    Staf Akademis di Sekolah SES Pekanbaru terdiri dari profesional-profesional muda, berenergi, menyenangkan dan berkualifikasi tinggi sesuai dengan areanya, yang berusaha untuk melakukan yang terbaik.  Mereka bukan hanya di sini sebagai pendidik, tapi juga sebagai teman, fasilitator, orangtua kedua dan partner bagi siswa dan orangtua yang tercinta.

    Kami berusaha menciptakan sebuah hubungan yang dekat, hangat, penuh perhatian tapi juga professional antara guru dan siswa, untuk memastikan sebuah pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkualitas tinggi untuk setiap anak.

    Seorang guru bertanggung jawab terhadapt maksimal 15 orang siswa di dalam satu kelas; memungkinkan perhatian dan bimbingan maksimal untuk setiap anak.

     
  • Novi Kurnia, S.Pd

    Primary School Principal

    Sarjana Pendidikan Matematika

    Universitas Riau
  • Vera Yanti Silalahi, S.Pd

    Primary School Vice Principal

    Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Universitas Islam Negeri
  • Arif Fadillah, S. Pd

    Primary School Vice Principal

    Sarjana Pendidikan Fisika

    Universitas Riau
  • Abdul Haris, S.S

    Teacher

    Sarjana Sastra Inggris

    STIBA Persada Bunda
  • Ferdi Imlah, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Riau
  • Yurniza Oktavia, S,Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    STKIP PGRI Sumatera Barat
  • E.Ruth Veronica Gultom, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Riau
  • Afni Kartika Asman, S.Si

    Teacher

    Sarjana Sains

    Universitas Riau
  • Relwi Ventrina Tambunan, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Riau
  • Sinthya Okta Prima Putri, S.Sn

    Teacher

    Sarjana Seni

    ISI Padang Panjang
  • Juwita Ayu Lestari, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pend.Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

    Universitas Islam Riau
  • Iin Handayani, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    UIN SUSKA Riau
  • Maissy Emelya Sari, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Fisika

    Universitas Riau
  • Mega Ayu Adila, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Matematika

    Universitas Riau
  • Mega Enjela Sari, M.Pd

    Teacher

    Master Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Negeri Padang
  • Juniar Sitanggang, S.S

    Teacher

    Sarjana Sastra Inggris

    STIBA Persada Bunda Pekanbaru
  • Regi Mahrizal, S. Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Olahraga

    Universitas Riau
  • Ilham Saputra, S. Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Matematika

    Universitas Riau
  • Vemitalia, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nofriyani Zebua, S. Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Riau

Middle School

+

What we must remember above all in the education of our children is that their love of life & learning should never weaken." Natalia Ginzburg, The Little Virtues, 1985

Students in Middle School continue their journey into teenage years. In the process, they will find much exploration about learning, friendship, fairness, trends and boundaries.

SES School Pekanbaru strives to work along our students in these challenging and often exciting times through relationships fostered in their core subjects and through the many extra-curricular activities and sports students participate in. We aim to continue making learning and school a joyful experience for our young people to strengthen their love and passion for learning and prepare them for higher educations, academically, socially and emotionally.

“Satu hal penting yang harus kita ingat di atas pendidikan anak-anak kita adalah bahwa rasa cinta mereka terhadap kehidupan dan pembelajaran seharusnya tidak melemah” – Natalia Ginzburg, The Little Virtues, 1985

Siswa di SMP melanjutkan perjalanan mereka menuju tahun-tahun remaja.  Di dalam prosesnya, mereka akan menemukan banyak eksplorasi mengenai pembelajaran, pertemanan, keadilan dan batasan-batasan.

Sekolah SES Pekanbaru berusaha untuk menjadi teman bagi siswa-siswa kami dalam masa-masa yang menyenangkan dan penuh tantangan ini melalui hubungan yang dibangun dalam pelajaran-pelajaran utama mereka dan melalui berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan olah raga yang dapat mereka ikuti.  Kami bertujuan untuk terus membuat belajar dan sekolah sebagai sebuah pengalaman bagi remaja-remaja kami untuk memperkuat rasa cinta mereka terhadap belajar dan mempersiapkan mereka untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, secara akademis, sosial dan emosional.


SES School facility is designed and built to be a second home for our community of learners, providing students with the comfort and safety they need to learn and grow to their full potentials.  We believe that children’s comfort is a crucial part of the whole learning process, enabling us to nurture their love for learning since the earliest years.

Facilities for our Middle School students include air-conditioned classrooms, library, science labor, art room, audio-visual room, in-door basketball court, dining area and praying room (musholla).

Gedung Sekolah SES Pekanbaru didesain dan dibangun untuk menjadi rumah kedua bagi komunitas pelajar kami, menyediakan rasa nyaman dan aman yang diperlukan oleh siswa-siswa kami untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensi penuh mereka.  Kami percaya bahwa kenyamanan anak adalah sebuah bagian penting dari proses belajar secara keseluruhan, memungkinkan kami mengembangkan rasa cinta mereka terhadap belajar sejak tahun-tahun awal.

Fasilitas untuk siswa SMP kami meliputi ruangan kelas dengan AC, perpustakaan, lapangan basket in-door, area bermain, laboratorium science, laboratorium computer, serta ruang makan.


SES Middle School curriculum is a combination of the National Curriculum set by Indonesian Ministry of Education and our own International Curriculum, which is adopted from Singapore curriculum, set by Singapore Ministry of Education.  The international subjects include English, Science, Mathematics and Foreign Language: Mandarin dan French.

The ultimate aim of teaching & learning at SES school is to develop higher level of thinking – remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating & creating.  The role of the teacher is to facilitate the learning process that will allow active learning.  Thus, we always strive to incorporate up-to-date techniques & methods into the learning process in order to achieve this goal.

Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP) SES Pekanbaru adalah kombinasi antara kurikulum nasional dari Departemen Pendidikan Indonesia dan kurikulum internasional SES sendiri, yang mengacu kepada kurikulum Singapura, dari Departmen Pendidikan Singapura.  Mata pelajaran internasional mencakup English, Science, Mathematics dan Bahasa Asing: Mandarin & Bahasa Perancis.

Tujuan utama dari proses belajar mengajar di Sekolah SES Pekanbaru adalah untuk membentuk kemampuan berpikir yang lebih tinggi – mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan.  Peran guru adalah untuk memfasilitasi proses belajar yang akan menciptakan Active Learning – proses belajar secara aktif.  Jadi, kami selalu berusaha untuk memasukkan tehnik dan metode-metode terbaru dalam proses belajar anak untuk mencapai tujuan ini.

Some techniques & methods that we apply are:

Beberapa tehnik & metode yang kami gunakan adalah:

  1. Mind Mapping – a  mind map is a diagram used to visually outline information. A mind map is often created around a single word or text, placed in the center, to which associated ideas, words and concepts are added. This technique allows students to actively engage in the topic, and at the same time, develop their creative thinking, brainstorming, problem solving & note taking skills. – Pemetaan Pikiran – sebuah tehnik berbentuk diagram yang digunakan untuk menguraikan informasi secara visual.  

    Tehnik ini memungkinkan siswa untuk secara aktif terlibat dalam topik pembahasan dan pada saat yang sama, membentuk cara berpikir kreatif, pencarian ide, pemecahan masalah & kemampuan mencatat/merangkum.

     
  2. Project Based Learning – Pembelajaran Berbasis Project
  3. Debates, Presentations, Group Discussions – Debat, Presentasi, Diskusi Kelompok

To achieve our goal to grow effective communicators, we are determined to create an environment where our students are able to comfortably speak more than one languages and be encouraged to use English as the first language of instruction at school.  Bahasa Indonesia is used as the instruction language for our National subjects and programs.

Untuk mencapai tujuan kami untuk mendidik komunikator-komunikator yang efektif, kami meciptakan sebuah lingkungan dimana siswa-siswa dapat dengan nyaman menggunakan lebih dari satu bahasa dan diarahkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar utama di sekolah.  Bahasa Indonesia digunakan sebagai Bahasa pengantar untuk pelajaran-pelajaran nasional.

Evaluation Methods
Sekolah SES Pekanbaru percaya bahwa dalam usaha kami untuk menciptakan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi untuk siswa-siswi kami, kami perlu memberikan metode dan kualitas penilaian dan evaluasi yang berkualitas tinggi pula.SES School Pekanbaru believes that in our attempt to create a high quality of learning experience for our students, we need to provide a high quality assessment and evaluation methods.

Our evaluation goals are:
Tujuan Evaluasi kami adalah:

  1. To give our young people the opportunity to question, create, explore, think through  and communicate what they have learnt through an actively challenging format of evaluations, aiming at developing their understanding and critical views of the subject matter as well as their communication skills, instead of their ability to only memorize and repeat.

    Memberikan anak-anak kami kesempatan untuk bertanya, mencipatkan, mengeksplorasi, berpikir dan berkomunikasi tentang apa yang mereka telah pelajari melalu format evaluasi yang aktif dan menantang, dengan tujuan untuk membangun pemahaman dan padangan kritis mereka mengenai mata pelajaran serta kemampuan komunikasi mereka, dan bukan hanya kemampuan mereka untuk menghapal dan mengulang.
     
  2. To provide our young people with an enjoyable and enriching evaluation experience, that will also showcase their knowledge, skills and talents.

    Menyediakan anak-anak kami pengalaman evaluasi yang menyenangkan dan memperkaya pengetahuan mereka, serta memperlihatkan kemampuan dan bakat mereka secara keseluruhan.

Assessment Procedures

Assessment for each subject will be conducted on the following format:

Penilaian untuk setiap mata pelajaran akan dilakukan sesuai standar sebagai berikut:

  1. 1. Daily Assessments
    • Workbooks, Projects, Worksheets (in school and/or at home)
  2. Basic Competency Test (BCT)
  3. Mid-Semester Examination
    • -Written Test
    • -Oral Presentation Test
  4. End Semester Examination

Final Semester Mark = Daily Assessments (25%) +  Basic Competency Test (25%) + Mid-Exam (25%) + Final Exam (25%)

SES Middle School also applies Project Based Learning (PBL) which does not only encourage critical and creative thinking, but also promotes team work, leadership and communication skills.  

SMP SES juga menggunakan Pembelajaran Berbasis Project (PBL) yang tidak hanya memacu kemampuan berpikir kreatif, tapi juga mendorong kemampuan kerjasama tim, kepemimpinan dan berkomunikasi.
 

Cambridge International English Curriculum Overview

Reading

Strategic Reading – is an intermediate-level reading course for young adult to young adult learners.  Each book contains 16 thematic units, with three authentic readings in each.  Every unit begins by introducing new vocabulary and asking questions related to the theme.  Pre-reading activities arouse students’ interest, while post-reading exercises provide practice in reading skills and offer opportunities for discussion and writing.  The final page of each unit presents additional exercises for vocabulary expansion and extension activities.  

Strategic Reading – adalah sebuah tingkatan membaca intermediate untuk remaja.  Setiap buku yang digunakan memiliki 16 unit tematik, dengan 3 buah bacaan otentik di dalam setiap unit.  Setiap unit dimulai dengan memperkenalkan kosa kata baru dan membuat pertanyaan yang berhubungan dengan tema.  Kegiatan-kegiatan sebelum Membaca dimulai dengan menimbulkan minat siswa terhadap tema, sedangkan latihan-latihan yang dilakukan setelah Membaca memberikan kesempatan untuk praktek kemampuan membaca dan diskusi serta Menulis.  Pada halaman akhir dari setiap unit terdapat latihan tambahan untuk memperluas kosa kata dan kegiatan.
 

Writing

Writers at Work – is a 3-level course that provides beginning to upper intermediate level students with a solid foundation in writing skills.  In all three levels, students work through a five-step composing process: Getting Started, Preparing the First Draft, Revising your Writing, Editing your Writing, and Following Up.

Writers at Work – adalah sebuah proses belajar Menulis melalui 3 tingkatan yang memberikan fondasi yang solid dalam kemampuan Menulis bagi siswa dari tingkat awal sampai dengan upper intermediate.  Dalam 3 tingkatan tersebut, siswa bekerja melalui proses 5 langkah Menulis: Memulai, Menyiapkan Draft Pertama, Merevisi Tulisa, Meng-edit Tulisan, dan Menyelesaikannya.   
 

Listening & Speaking

Let’s Talk – is a 3-level course, in which: (1) the increase in communication activities moves the focus to a student-centered classroom, (2) the teacher becomes the role of a facilitator, (3) increased confidence and motivation lead to improved fluency.  As the series is focused strictly on communication, with pair and group work in every unit, it is recommended for students who want to develop their speaking skills.  With engaging topics, students will be encouraged to express their feelings, ideas, and opinions.

Let’s Talk – adalah sebuah proses belajar Mendengar & Berbicara, dimana di dalamnya ada: (1) Peningkatan di dalam kegiatan berkomunikasi yang berpusat pada Siswa (2) Guru hanya menjadi fasilitator (3) Meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi yang akan mendorong meningkatkan kelancaran berbicara.


It is important for our young people to be able to explore their full potentials in all areas.  Our extra curricular activities are designed to meet this need, so that our students can have the perfectly balanced growth, academically, emotionally, spiritually and physically, according to their own interests.

Sekolah SES Pekanbaru percaya bahwa memberikan kesempatan bagi anak-anak kita untuk dapat mengeksplorasi seluruh potensi yang ada di dalam diri mereka.  Aktifitas ekstra kurikuler di Sekolah SES Pekanbaru didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, supaya siswa-siswi kami dapat tumbuh dan berkembang secara seimbang, baik secara akademis, emosi, spiritual dan fisik, sesuai dengan minat mereka.

Art Clubs – Manga Drawing, Movie
Sport Clubs –Futsal/Soccer, Swimming, Paint Ball
Community Group – Boy/Girl Scout (Pramuka), Red Cross (Palang Merah Remaja)

Other Exciting Non-Academic Programs

Newsletter Editorial Team

SES Newsletter “Blast Off” was initially published and edited by teachers.  Now, we are offering opportunities to our Middle School students, to decide what to be published, how and when they want it to be published and produce it.  Those who belong to this team will be provided with a working desk and computer in the staff room.  Experience an almost real journalistic job and opportunity to work with real journalist from a real newspaper in Riau.

Social Studies

Social Studies class allows students to be updated with the current issues occurring nationally and globally.  The goal is to increase their awareness of what is currently happening around them and to encourage them to express their opinions on it through informal discussions.

Practical Life Skills

Students are equipped with basic life skills that will exercise their motoric skills and prepare them to be independent young people.  Skills will vary from cooking, handy craft, batik paintings and other household activities.


    Our academic staff consists of young, energetic, passionate, fun and highly educated individuals who strive to do only the best practice.  They are here not only as educators, but also as friends, facilitators, second parents and partners for our beloved students and parents.

    SES School Pekanbaru attempts to create a close, warm, caring, yet professional relationship between teachers and students, to ensure an enjoyable and high quality learning experience for each and every student.

    A teacher is responsible for a maximum of 20 students in a class; allowing maximum care and guidance for each and every student.

    Staf Akademis di Sekolah SES Pekanbaru terdiri dari profesional-profesional muda, berenergi, menyenangkan dan berkualifikasi tinggi sesuai dengan areanya, yang berusaha untuk melakukan yang terbaik.  Mereka bukan hanya di sini sebagai pendidik, tapi juga sebagai teman, fasilitator, orangtua kedua dan partner bagi siswa dan orangtua yang tercinta.

    Kami berusaha menciptakan sebuah hubungan yang dekat, hangat, penuh perhatian tapi juga professional antara guru dan siswa, untuk memastikan sebuah pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkualitas tinggi untuk setiap anak.

    Seorang guru bertanggung jawab terhadapt maksimal 15 orang siswa di dalam satu kelas; memungkinkan perhatian dan bimbingan maksimal untuk setiap anak.

     
  • Tresia Pakpahan, S.Pd

    Middle School Principal

    Sarjana Pendidikan Biologi

    Universitas Riau
  • Elsa Rahmi, S.Pd

    Middle School Vice Principal

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Negeri Padang
  • Risma Uli, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Niaga

    Universitas Riau
  • Ade Nurachmi Damayanti, S.IP

    Teacher

    Sarjana Sosial Politik, Ilmu Hubungan Internasional

    Universitas Riau
  • Nurul Ismi Putri, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Sendra Tasik

    Universitas Islam Riau
  • Mutiara, S.Sn

    Teacher

    Sarjana Seni

    Institut Seni Indonesia
  • Wiko Juni Yuska

    Teacher

    Sarjana Pend.Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

    Universitas Islam Riau
  • Defriyanitha Anggraini Suci, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Tadris IPA

    Universitas Islam Negeri SSK Riau
  • Permata Cahaya Utama, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Agama Budha

    STABN Sriwijaya
  • Horin Amanda, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Geografi

    Universitas Negeri Padang
  • Widya Shintya Dewi, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Matematika

    Universitas Riau
  • Irma Faramida, S.Pd

    Teacher

    Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Riau
  • M.Fuadri Yahya

    Teacher

    Magister Agama Islam

    Universitas Sultan Syarif Kasim

Curriculum and Learning & People Development

+

    “Teachers who stop learning, must stop teaching…” ~nn

    “Guru yang berhenti belajar, harus berhenti mengajar…” ~nn

    As a school, one of our goals is to create and grow a community of learners that does not only serve its purpose for our students, but also for our teachers.  SES School Pekanbaru in-service trainings for our existing teachers, which we implement in the form of “SES Teacher Study Group” (TSG), are aimed to continuously equip them with the required knowledge and skills to facilitate a rich, joyful and high quality learning experience for their students. Furthermore, with the fast changing world, we are also obliged to keep our teachers updated with the latest development and information.

    SES School Pekanbaru believes that our teachers are the cutting edge of our organization and therefore, it is extremely crucial to provide them with means and ways that will allow them to develop and grow as professionals with best practice.

    SES School Pekanbaru also believes that to be able to provide the most update and high quality learning and assessment processes, we need to put a continuous, consistent and maximum effort on these areas.  Our commitment to high quality academic programs and human resources is proven by the existence of a Division called Academic Research and Development (R&D), who does not only serve as an in-house consultant for our academic staff, but also as a quality control for the overall quality of our school academically.

    We hope to achieve many great things through this division that will move us closer and closer towards our vision as a school.

    Sebagai sebuah sekolah, salah satu tujuan kami adalah untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah komunitas belajar yang tidak hanya melayani tujuannya untuk anak-anak didik kami, tapi juga untuk pendidik-pendidik kami.  Sekolah SES Pekanbaru terus melakukan pelatihan-pelatihan saat masa kerja untuk seluruh guru kami dengan tujuan untuk terus melengkapi mereka dengan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menyediakan pengalaman belajar yang kaya, menyenangkan, dan juga berkualitas tinggi bagi anak-anak didik kami.  Lebih dari itu, dengan perubahan dan perkembangan dunia yang sangat pesat, kami juga berkewajiban untuk terus melengkapi guru-guru kami dengan informasi dan perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.

    Sekolah SES Pekanbaru percaya bahwa guru-guru kami adalah ujung tombak dari organisasi ini, dan oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan mereka sumber daya dan cara yang akan memungkinkan mereka berkembang dan tumbuh menjadi profesional-profesional yang terbaik dan bertaraf internasional.

    Sekolah SES Pekanbaru juga percaya bahwa untuk bisa memberikan proses belajar dan ujian (penilaian) yang terbaru dan berkualitas tinggi, kami harus memberikan upaya yang terus menerus, konsisten dan maksimal di area-area ini.  Komitment kami terhadap kualitas akademis dan sumber daya manusia yang tinggi dibuktikan dengan dibentuknya sebuah divisi yang disebut Riset dan Pengembangan Akademis (Research & Development/R&D), yang tidak hanya berfungsi sebagai konsultan dan pendamping bagi tim akademis, tetapi juga sebagai kontrol kualitas untuk keseluruhan kualitas akademis Sekolah SES Pekanbaru.

    Sekolah SES Pekanbaru berharap dapat mencapai banyak hal-hal besar dan luar biasa melalui divisi ini yang akan membawa kami lebih dekat lagi menuju visi kami sebagai sebuah sekolah pilihan.

     

  • Sasmi Nopiyani, S.Si

    Head of Curriculum Division

    Sarjana Sains

    Universitas Riau
  • Icha Syari Anggreini, S.Pd

    Curriculum Staff

    Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

    Universitas Riau
  • Wiki Sril Utami, S.Pd

    Curriculum Staff

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Negeri SSK Riau
  • Igus Rumiati

    Curriculum Staff

    Sarjana Sains

    Universitas Riau
  • Rizky Kusuma Dewi, S. Pd

    Curriculum Staff

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Islam Riau
  • Shanti Sarah, S. Pd

    Curriculum Staff

    Sarjana Pendidikan Matematika

    Universitas Riau
  • Reza Noviandy, S.Pd

    Currivulum Staff

    Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

    Universitas Riau

Psychology Corner

+